KISI-KISI
SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS) 2
SMP
LABSCHOOL CIBUBUR
TAHUN
PELAJARAN 2012 – 2013
Nama Guru            :   Tri Maryani,
S.Pd                                                                                                                                                                                                                                                            Kelas : VII
Mata Pelajaran     :   Biologi dan Kimia
| 
NO | 
STANDAR
  KOMPETENSI | 
KOMPETENSI
  DASAR | 
MATERI | 
KEMAMPUAN
  YANG DIUJI | 
INDIKATOR
  SOAL | 
| 
1 | 
Memahami Keanekaragaman Makhluk Hidup | 
Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi
  kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme | 
Organisasi
  Kehidupan | 
Definisi
  sel/jaringan/organ/sistem organ | 
Siswa dapat menentukan definisi sel/jaringan/organ/sistem organ | 
| 
Sistematika
  organisasi kehidupan | 
Siswa dapat menentukan urutan dalam organisasi kehidupan | ||||
| 
Nama
  organel sel hewan dan tumbuhan beserta fungsinya | 
Siswa dapat menentukan nama organel sel pada sel hewan atau sel
  tumbuhan berdasarkan gambar yang disediakan | ||||
| 
Siswa dapat menentukan nama organel sel pada sel hewan atau sel
  tumbuhan berdasarkan ilustrasi ciri yang diberikan | |||||
| 
Siswa dapat menentukan fungsi organel sel pada sel hewan atau
  tumbuhan berdasarkan gambar yang disediakan | |||||
| 
Perbedaan
  sel hewan dan sel tumbuhan | 
Siswa dapat menentukan perbedaan sel hewan dan tumbuhan | ||||
| 
Nama dan
  fungsi jaringan pada tumbuhan  | 
Siswa dapat menentukan nama atau fungsi jaringan pada tumbuhan
  berdasarkan gambar yang disediakan | ||||
| 
Organ
  penyusun suatu sistem organisasi kehidupan pada manusia | 
Siswa mampu menyebutkan organ yang menyusun suatu sistem organisasi
  kehidupan pada manusia | ||||
| 
2 | 
Memahami Saling Ketergantungan dalam Ekosistem | 
Menentukan
  ekosistem  dan saling hubungan antara
  komponen ekosistem | 
Ekosistem | 
Definisi
  individu/ populasi/ komunitas/ ekosistem | 
Siswa dapat menentukan konsep individu/populasi/komunitas/ekosistem
  berdasarkan ilustrasi yang diberikan. | 
| 
Contoh
  faktor biotik dan abiotik serta peranannya di dalam ekosistem | 
Siswa dapat menentukan faktor biotik atau abiotik pada suatu
  ekosistem tertentu | ||||
| 
Siswa dapat menentukan hubungan saling ketergantungan yang benar antara
  faktor biotik dan abiotik | |||||
| 
Kedudukan
  organisme pada ekosistem | 
Siswa dapat menentukan peranan organisme tertentu pada  ekosistem alami/buatan  | ||||
| 
Siswa dapat menentukan peranan organisme tertentu berdasarkan rantai
  makanan yang disediakan | |||||
| 
Hubungan
  sebab akibat yang terjadi pada ekosistem | 
Siswa dapat menentukan hubungan sebab akibat dalam suatu ekosistem
  berdasarkan rantai makanan yang disediakan | ||||
| 
Piramida
  makanan | 
Siswa dapat menentukan contoh makhluk hidup untuk setiap tingkatan
  yang terdapat pada piramida makanan | ||||
| 
1 | 
Memahami berbagai Sifat dalam Perubahan Fisika dan
  Kimia | 
Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat | 
Sifat
  fisika dan sifat kimia | 
Sifat
  intensif dan sifat ekstensif | 
Siswa dapat menentukan konsep sifat intensif/ sifat ekstensif suatu
  zat | 
| 
Siswa dapat menentukan contoh dari sifat intensif/ sifat ekstensif | |||||
| 
Sifat
  fisika dan sifat kimia | 
Siswa dapat menentukan sifat fisika/sifat kimia dari suatu zat | ||||
| 
Siswa dapat menentukan contoh-contoh sifat fisika/sifat kimia | |||||
| 
Siswa dapat menentukan bahan untuk membuat alat tertentu berdasarkan
  sifat fisika/sifat kimia yang dimiliki oleh bahan tersebut | |||||
| 
Melakukan
   pemisahan campuran dengan berbagai
  cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia | 
Teknik
  pemisahan campuran | 
Jenis-jenis
  teknik pemisahan campuran | 
Siswa dapat menentukan teknik pemisahan campuran yang tepat
  berdasarkan ilustrasi masalah yang disediakan | ||
| 
Kegunaan
  dari teknik pemisahan campuran | 
Siswa dapat menentukan contoh kegunaan dari teknik pemisahan
  campuran tertentu | ||||
| 
Hasil
  proses pemisahan campuran | 
Siswa dapat menentukan hasil dari 
  campuran berdasarkan gambar teknik pemisahan campuran yang disediakan | ||||
| 
Kelebihan
  dan kekurangan dari teknik pemisahan campuran | 
Siswa dapat menentukan kelebihan dan kekurangan dari teknik
  pemisahan campuran tertentu | ||||
| 
Menghitung
  kadar zat dalam campuran | 
Siswa dapat menghitung kadar zat dalam campuran | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar