NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
KEMAMPUAN YANG
DIUJI
|
INDIKATOR SOAL
|
PENJELASAN MATERI
|
1
|
Merumuskan Upaya Pemulihan Lingkungan Hidup
|
Menjelaskan
penataan lingkungan hidup yang meliputi keindahan, kenyamanan, kebersihan dan
kerindangan
|
Lingkungan Hijau
|
Aspek-aspek dalam penataan lingkungan hidup
|
Siswa dapat
menentukan aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam penataan lingkungan
hidup
|
Sudah
|
Undang-Undang yang
mengatur tentang pengelolaan lingkungan hidup
|
Siswa dapat
menentukan Undang-Undang yang mengatur tentang pengelolaan lingkungan hidup
|
Undang-Undang no 27 tahun 1997
|
||||
Penerapan
aspek-aspek dalam penataan lingkungan hidup
|
Siswa dapat
mengidentifikasi contoh penerapan aspek-aspek dalam penataan lingkungan hidup
|
Keindahan = pembuatan taman kota/air
mancur di tengah kota
Kerindangan = penanaman pohon
peneduh (pohon berukuran besar)
Kenyamanan = pengaturan tata letak
bangunan harus rapi, mobilitas pengguna bangunan
Kebersihan = penyediaan tempat
sampah
|
||||
Menjelaskan
pembibitan, penanaman dan pemeliharaan tanaman
|
Lingkungan Hijau
|
Ciri-ciri biji yang
baik
|
Siswa dapat menentukan ciri biji yang baik berdasarkan
teknik sederhana pemilihan biji.
|
Sudah
|
||
Tujuan setiap tahapan
dalam proses pembibitan
|
Siswa dapat menentukan tujuan salah satu tahapan dalam
pembibitan
|
Sudah
|
||||
Ciri biji yang
berkualitas unggul
|
Siswa dapat menentukan ciri biji yang berkualitas unggul
|
Biji yang baik yaitu :
-
berasal dari buah yang bersifat unggul,
-
berasal dari buah yang sudah tua dan
-
berasal dari buah yang tahan hama
|
||||
Kendala dalam
penggunaan bibit unggul
|
Siswa dapat mengidentifikasi kendala dalam penggunaan bibit
unggul
|
Sudah
|
||||
Teknik perbanyakan
vegetatif/ generatif
|
Siswa dapat menentukan teknik perbanyakan vegetatif/
generatif berdasarkan gambar yang disediakan.
|
Sudah
|
||||
Teknik perbanyakan
tanaman
|
Siswa dapat mengeidentifikasi teknik perbanyakan tanaman
pada tanaman tertentu.
|
Sudah
|
||||
Keuntungan dari
masing-masing teknik perbanyakan tanaman.
|
Siswa dapat menentukan keuntungan dari suatu teknik
perbanyakan tanaman tertentu
|
Sudah
|
||||
Contoh perawatan
tanaman di dalam pot
|
Siswa dapat menentukan contoh-contoh perawatan tanaman di
dalam pot
|
Sudah
|
||||
Cara atau waktu
penyiraman yang baik
|
Siswa dapat mengidentifikasi cara/ waktu penyiraman yang
baik
|
Sudah
|
||||
Jenis-jenis pupuk
serta bahan baku pembuatannya
|
Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis pupuk serta bahan
baku pembuatannya
|
Sudah
|
||||
Dampak penggunaan
bahan kimia yang berlebihan dalam bidang pertanian.
|
Siswa dapat mengidentifikasi dampak penggunaan bahan kimia
yang berlebihan dalam bidang pertanian.
|
Sudah
|
||||
Menjelaskan konsep sanitasi lingkungan
|
Sanitasi
lingkungan
|
Syarat rumah sehat
|
Siswa dapat menjelaskan syarat rumah yang sehat.
|
Sudah
|
||
Fasilitas rumah
sehat
|
Siswa dapat menentukan fasilitas yang ada di dalam rumah
sehat
|
Sudah
|
||||
Kriteria lingkungan
rumah yang menggunakan konsep sanitasi lingkungan
|
Siswa dapat menentukan kriteria lingkungan rumah yang
menggunakan konsep sanitasi lingkungan
|
Sudah
|
||||
Melakukan
upaya pencegahan penyebaran penyakit yang bersifat endemik
|
Penyakit
endemik
|
Contoh - contoh penyakit endemik
(DBD, chikungunya, malaria, flu burung dan diare)
|
Siswa dapat menentukan contoh-contoh penyakit endemik (DBD,
chikungunya, malaria, flu burung dan diare)
|
Sudah
|
||
Penyebab dari salah
satu penyakit endemik (DBD, chikungunya, malaria, flu burung dan diare)
|
Siswa dapat menentukan penyebab dari salah satu penyakit
endemik (DBD, chikungunya, malaria, flu burung dan diare)
|
Sudah
|
||||
Gejala dari salah
satu penyakit endemik (DBD, chikungunya, malaria, flu burung dan diare)
|
Siswa dapat menentukan gejala dari salah satu penyakit
endemik (DBD, chikungunya, malaria, flu burung dan diare)
|
Sudah
|
||||
Akibat yang
ditimbulkan dari salah satu penyakit endemik (DBD, chikungunya, malaria, flu
burung dan diare)
|
Siswa dapat menentukan akibat yang ditimbulkan dari salah
satu penyakit endemik (DBD, chikungunya, malaria, flu burung dan diare)
|
Sudah
|
||||
Menentukan vektor
pembawa dari salah satu penyakit endemik (DBD, chikungunya, malaria, flu
burung dan diare)
|
Siswa dapat menentukan vektor pembawa dari salah satu
penyakit endemik (DBD, chikungunya, malaria, flu burung dan diare)
|
Sudah
|
||||
Menentukan tindakan
pencegahan penyebaran salah satu penyakit endemik (DBD, chikungunya, malaria,
flu burung dan diare)
|
Siswa dapat menentukan tindakan pencegahan penyebaran salah
satu penyakit endemik (DBD, chikungunya, malaria, flu burung dan diare)
|
Sudah
|
||||
Menentukan faktor-faktor
yang mempengaruhi penyebaran salah satu penyakit endemik (DBD, chikungunya,
malaria, flu burung dan diare)
|
Siswa dapat menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi
penyebaran salah satu penyakit endemik (DBD, chikungunya, malaria, flu burung
dan diare)
|
Sudah
|
||||
Melakukan
upaya penanggulangan penyakit endemik
|
Penyakit Endemik
|
Tindakan
penanggulangan/ pengobatan dari salah satu penyakit endemik (DBD,
chikungunya, malaria, flu burung dan diare)
|
Siswa dapat menentukan tindakan penanggulangan/ pengobatan
dari salah satu penyakit endemik (DBD, chikungunya, malaria, flu burung dan
diare)
|
Sudah
|
||
2
|
Mengembangkan Pengelolaan Lingkungan Hidup
|
Mencintai nilai penataan,
pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan dan pengawasan kondisi lingkungan
hidup.
|
Pengembangan dan pengelolaan lingkungan hidup
|
Cara pengelolaan
sampah yang baik
|
Siswa dapat menentukan cara pengelolaan sampah yang baik
|
Sudah
|
Melakukan
kegiatan pemanfaatan,
pengembangan, pemeliharaan dan pengawasan lingkungan hidup di lingkungan
sekitar, sekolah dan tempat umum
|
Pengembangan dan pengelolaan lingkungan hidup
|
Jenis-jenis energi
alternatif ramah lingkungan pada
kendaraan
|
Siswa dapat mengidentifikasi energi alternatif ramah lingkungan bisa digunakan pada
kendaraan
|
Sudah
|
||
Istilah dalam
pengelolaan limbah
|
Siswa dapat mengidentifikasi istilah dalam pengelolaan
sampah (limbah)
|
Sudah
|
||||
Jenis benda-benda
yang bisa di daur ulang menjadi barang yang bernilai.
|
Siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang bisa di daur
ulang menjadi barang yang bernilai.
|
Sudah
|
||||
Contoh pemeliharaan
lingkungan di sekolah, rumah, dan tempat umum
|
Siswa dapat menentukan contoh-contoh pemeliharaan
lingkungan di sekolah, rumah, dan tempat umum
|
Sudah
|
||||
3
|
Membiasakan Diri dalam Pengelolaan Lingkungan
Hidup
|
Merencanakan
kegiatan pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan dan pemulihan lingkungan
hidup
|
Membiasakan diri dalam pengelolaan lingkungan
|
Syarat yang harus
diperhatikan dalam proses pembuatan tempat yang berhubungan dengan pembuangan
limbah
|
Siswa dapat menentukan syarat-syarat yang harus
diperhatikan dalam proses pembuatan tempat yang berhubungan dengan pembuangan
limbah
|
Sudah
|
Melakukan
tindakan pencegahan pelanggaran aturan pengelolaan lingkungan hidup
|
Membiasakan diri dalam pengelolaan lingkungan
|
Dampak yang
disebabkan ketidakmampuan manusia dalam menjaga lingkungan hidup.
|
Siswa dapat menentukan dampak yang disebabkan
ketidakmampuan manusia dalam menjaga lingkungan hidup.
|
Sudah
|
Senin, 10 Desember 2012
KISI-KISI UAS PLH Kelas VIII
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar