KISI-KISI
SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS) 2
SMP
LABSCHOOL CIBUBUR
TAHUN
PELAJARAN 2012 – 2013
Nama Guru : Tri Maryani,
S.Pd Kelas : VII
Mata Pelajaran : Biologi dan Kimia
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
KEMAMPUAN
YANG DIUJI
|
INDIKATOR
SOAL
|
1
|
Memahami Keanekaragaman Makhluk Hidup
|
Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi
kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme
|
Organisasi
Kehidupan
|
Definisi
sel/jaringan/organ/sistem organ
|
Siswa dapat menentukan definisi sel/jaringan/organ/sistem organ
|
Sistematika
organisasi kehidupan
|
Siswa dapat menentukan urutan dalam organisasi kehidupan
|
||||
Nama
organel sel hewan dan tumbuhan beserta fungsinya
|
Siswa dapat menentukan nama organel sel pada sel hewan atau sel
tumbuhan berdasarkan gambar yang disediakan
|
||||
Siswa dapat menentukan nama organel sel pada sel hewan atau sel
tumbuhan berdasarkan ilustrasi ciri yang diberikan
|
|||||
Siswa dapat menentukan fungsi organel sel pada sel hewan atau
tumbuhan berdasarkan gambar yang disediakan
|
|||||
Perbedaan
sel hewan dan sel tumbuhan
|
Siswa dapat menentukan perbedaan sel hewan dan tumbuhan
|
||||
Nama dan
fungsi jaringan pada tumbuhan
|
Siswa dapat menentukan nama atau fungsi jaringan pada tumbuhan
berdasarkan gambar yang disediakan
|
||||
Organ
penyusun suatu sistem organisasi kehidupan pada manusia
|
Siswa mampu menyebutkan organ yang menyusun suatu sistem organisasi
kehidupan pada manusia
|
||||
2
|
Memahami Saling Ketergantungan dalam Ekosistem
|
Menentukan
ekosistem dan saling hubungan antara
komponen ekosistem
|
Ekosistem
|
Definisi
individu/ populasi/ komunitas/ ekosistem
|
Siswa dapat menentukan konsep individu/populasi/komunitas/ekosistem
berdasarkan ilustrasi yang diberikan.
|
Contoh
faktor biotik dan abiotik serta peranannya di dalam ekosistem
|
Siswa dapat menentukan faktor biotik atau abiotik pada suatu
ekosistem tertentu
|
||||
Siswa dapat menentukan hubungan saling ketergantungan yang benar antara
faktor biotik dan abiotik
|
|||||
Kedudukan
organisme pada ekosistem
|
Siswa dapat menentukan peranan organisme tertentu pada ekosistem alami/buatan
|
||||
Siswa dapat menentukan peranan organisme tertentu berdasarkan rantai
makanan yang disediakan
|
|||||
Hubungan
sebab akibat yang terjadi pada ekosistem
|
Siswa dapat menentukan hubungan sebab akibat dalam suatu ekosistem
berdasarkan rantai makanan yang disediakan
|
||||
Piramida
makanan
|
Siswa dapat menentukan contoh makhluk hidup untuk setiap tingkatan
yang terdapat pada piramida makanan
|
||||
1
|
Memahami berbagai Sifat dalam Perubahan Fisika dan
Kimia
|
Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat
|
Sifat
fisika dan sifat kimia
|
Sifat
intensif dan sifat ekstensif
|
Siswa dapat menentukan konsep sifat intensif/ sifat ekstensif suatu
zat
|
Siswa dapat menentukan contoh dari sifat intensif/ sifat ekstensif
|
|||||
Sifat
fisika dan sifat kimia
|
Siswa dapat menentukan sifat fisika/sifat kimia dari suatu zat
|
||||
Siswa dapat menentukan contoh-contoh sifat fisika/sifat kimia
|
|||||
Siswa dapat menentukan bahan untuk membuat alat tertentu berdasarkan
sifat fisika/sifat kimia yang dimiliki oleh bahan tersebut
|
|||||
Melakukan
pemisahan campuran dengan berbagai
cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia
|
Teknik
pemisahan campuran
|
Jenis-jenis
teknik pemisahan campuran
|
Siswa dapat menentukan teknik pemisahan campuran yang tepat
berdasarkan ilustrasi masalah yang disediakan
|
||
Kegunaan
dari teknik pemisahan campuran
|
Siswa dapat menentukan contoh kegunaan dari teknik pemisahan
campuran tertentu
|
||||
Hasil
proses pemisahan campuran
|
Siswa dapat menentukan hasil dari
campuran berdasarkan gambar teknik pemisahan campuran yang disediakan
|
||||
Kelebihan
dan kekurangan dari teknik pemisahan campuran
|
Siswa dapat menentukan kelebihan dan kekurangan dari teknik
pemisahan campuran tertentu
|
||||
Menghitung
kadar zat dalam campuran
|
Siswa dapat menghitung kadar zat dalam campuran
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar