NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
KEMAMPUAN YANG DIUJI
|
INDIKATOR SOAL
|
1
|
Memahami Gejala-Gejala Alam
Melalui Pengamatan
|
Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan
sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik
|
Gejala Alam Biotik dan Abiotik
|
Gejala alam
kebendaan/kejadian pada objek biotik/abiotik
|
Siswa dapat menentukan gejala
alam kebendaan/kejadian pada objek biotik/abiotik berdasarkan gambar yang
disediakan.
|
Cabang ilmu
biologi
|
Siswa dapat menentukan cabang
ilmu biologi yang digunakan untuk mengamati gejala alam.
|
||||
Urutan tahapan
dalam metode ilmiah
|
Siswa dapat menentukan urutan
tahapan dalam metode ilmiah dalam pengamatan gejala alam.
|
||||
Menggunakan
mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala
kehidupan
|
Mikroskop dan Alat-alat pendukung Pengamatan
|
Bagian-bagian
mikroskop beserta fungsinya
|
Siswa
dapat
mengidentifikasi bagian-bagian mikroskop beserta fungsinya berdasarkan
gambar/ ilustrasi yang diberikan.
|
||
Nama serta
fungsi alat pendukung di laboratorium
|
Siswa
dapat
mengidentifikasi nama serta fungsi alat pendukung di laboratorium untuk
mengamati gejala kehidupan berdasarkan
gambar/ ilustrasi yang diberikan.
|
||||
Menerapkan keselamatan kerja
dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam
|
Keselamatan Kerja
|
Tindakan pertolongan pertama
jika terjadi kecelakaan di laboratorium
|
Siswa
dapat
menentukan tindakan pertolongan pertama yang
harus dilakukan jika terjadi kecelakaan di laboratorium berdasarkan
ilustrasi kejadian yang diberikan.
|
||
Tata tertib di laboratorium
|
Siswa dapat menentukan tata tertib
yang mesti ditaati selama berada di dalam laboratorium untuk melakukan
praktikum.
|
||||
4
|
Memahami
Keanekaragaman Makhluk Hidup
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup
|
Ciri-Ciri Makhluk Hidup
|
Ciri-ciri
makhluk hidup
|
Siswa dapat mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan gambar yang telah disediakan .
|
Siswa
dapat
menentukan ciri makhluk hidup yang dibutuhkan demi keberlangsungan hidup
makhluk tersebut.
|
|||||
Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan
ciri-ciri yang dimilikinya
|
Klasifikasi Makhluk
Hidup
|
Penulisan
nama ilmiah
|
Siswa
dapat
mengidentifikasi penulisan nama ilmiah yang benar
|
||
Urutan
takson dalam sistem taksonomi
|
Siswa
dapat
menentukan urutan takson dalam sistem taksonomi.
|
||||
Tujuan dari
klasifikasi
|
Siswa
dapat
menentukan tujuan dari klasifikasi.
|
||||
Ciri-ciri 5 kingdom
|
Siswa dapat menentukan dasar
klasifikasi dalam sistem 5 kingdom
|
||||
Klasifikasi kingdom animalia
|
Siswa dapat menentukan dasar
klasifikasi dalam kingdom animalia
|
||||
Klasifikasi
kingdom plantae
|
Siswa
dapat mengidentifikasi ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup berdasarkan
ilustrasi yang diberikan
|
Sabtu, 08 Desember 2012
KISI-KISI LENGKAP UAS 1 BIOLOGI KELAS VII
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
unyu bgtbu fotonya. ttd Rafly
BalasHapusheheheheee thank u raflyyy
Hapusbu contoh gejala abiotikny sama biotikny mana??
BalasHapus