INDIKATOR
SOAL
|
Materi
|
Siswa
dapat menjelaskan fungsi teknologi untuk kehidupan masyarakat
|
LKS
hal. 2
|
Siswa
dapat menentukan syarat pengembangan teknologi
|
· layak
secara teknis
· sehat
secara ekologis
· dapat
dipertanggung jawabkan
|
Siswa
dapat menentukan definisi teknologi ramah lingkungan
|
LKS
hal. 2
|
Siswa
dapat menentukan faktor-faktor yang mesti diperhatikan dalam pemanfaatan
energi alternatif
|
· harus
jelas penerapannya untuk apa dan bagaimana menerapkannya untuk kegiatan
sehari-hari
· harus
aman bagi para penggunanya, sehingga tidak adan resiko bahaya yang bisa
menyebabkan terjadinya kecelakaan bagi penggunanya
· harus
terkontrol dalam hal administrasinya sehingga memiliki data-data selama
penggunaan energi alternatif
|
Siswa
dapat menentukan manfaat sumber energi yang dapat diperbaharui
|
Sumber
energi mudah didapatkan
Jumlah
energi banyak dan melimpah
Menghasilkan
gas buangan yang aman untuk lingkungan
|
Siswa
dapat menentukan keuntungan menggunakan bahan bakar ramah lingkungan
|
Sumber
energi dapat diperbaharui
Jumlah
energi banyak dan melimpah
Menghasilkan
gas buangan yang aman untuk lingkungan
|
Siswa
dapat menjelaskan keuntungan dari energi alternatif
|
· Menghemat
pemakaian BBM
· Mengurangi
polusi
|
Siswa
dapat menentukan contoh-contoh sumber energi ramah lingkungan
|
Semua
jenis energi alternatif (matahari, angin, air, panas bumi, bahan nabati dll)
|
Jenis-jenis
sumber energi alternatif
|
Matahari,
angin, air, panas bumi, gelombang laut, bahan nabati dll
|
Siswa
dapat manfaat biodiesel
|
LKS
hal. 3
|
Siswa
dapat menentukan jenis-jenis biofuel dan kegunaannya
|
|
Siswa
dapat menentukan bahan baku pembuat
biogas
|
|
Siswa
dapat menentukan manfaat biogas
|
LKS
hal. 5
|
Siswa
dapat menentukan contoh-contoh sumber daya energi dari fosil
|
·
minyak bumi dan hasil olahannnya
seperti bensin dan minyak tanah
·
batubara
|
Siswa
dapat menentukan cara menghemat bahan bakar fosil
|
·
menggunakan bahan bakar dari fosil
dengan bijaksana
·
berupaya mencari sumber nergy nergytive
yang dapat diperbaharui
|
Siswa
dapat menentukan keuntungan dan kelemahan angin dan matahari sebagai sumber
energi
|
Kelemahan
·
Kurang praktis digunakan pada
wilayah perkantoran
·
diperlukan tenaga perawatan khusus
·
biaya yang
cukup mahal untuk pembangunan awal
·
sumber nergy
tidak selalu ada setiap saat.
Kelebihan
·
sumber energi mudah didapatkan
·
sumber energi
free (tidak dipungut biaya)
|
Siswa
dapat menentukan penggunaan teknologi ramah lingkungan untuk pengolahan lahan
|
· penggunaan
traktor tangan
· penggunaan
cangkul
|
Siswa
dapat menentukan teknologi yang berbahaya untuk ekosistem dalam bidang
perikanan
|
Penggunaan
bahan peledak/racun untuk menangkap ikan à
semua ikan bisa mati beserta telurnya sehingga dapat mengurangi
ketersediaannya
Penggunaan
jaring yang besar (pukat harimau)à
ikan kecil dan ikan besar terjaring semuanya
|
Siswa
dapat menentukan penggunaan teknologi ramah lingkungan dalam bidang
transportasi
|
LKS
hal. 5
|
Siswa
dapat menentukan penggunaan teknologi ramah lingkungan dalam bidang
kedokteran
|
LKS
hal. 12
|
Siswa
dapat menentukan dampak negatif dari perkembangan teknologi
|
· meningkatnya
ketergantungan manusia terhadap mesin
· banyaknya masalah/kejahatan
yang timbul dari dunia maya (internet)
· rusaknya
sebagian ekosistem akibat limbah yang dihasilkan, dll
|
Siswa
dapat menentukan kegiatan manusia yang menimbulkan pencemaran lingkungan
|
· Pembakaran
sampah
· Pembuangan
sampah ke sungai
· Penggunaan
kendaraan bermotor
· Pembakaran
hutan
· Pembuangan
limbah industri (cair atau padat) ke sungai tanpa pengolahan terlebih ahulu
· Penambangan
emas, dll
|
Siswa
dapat menentukan akibat penggunaan CFC dalam produk rumah tangga bagi lingkungan
|
Menipisnya
lapisan ozon (semakin hari semakin tipis sehingga lapisan ozon bisa bolong)
dan bisa mengakibatkan makhluk hidup di bumi terpapar sinar Ultra Violet (UV)
secara langsung
|
Siswa
dapat menentukan gas utama penyebab pemanasan global
|
Gas
utama adalah CO2 yang berasal dari hasil pernapasan makhluk hidup,
asap kendaraan bermotor dan hasil pembakaran
|
Siswa
dapat menentukan akibat dari pemanasan global
|
· Peningkatan
suhu bumi
· Mencairnya
es di kutub
· Iklim
mulai tidak stabil
· Peningkatan
permukaan air laut
· gangguan
ekologis
|
Siswa
dapat menentukan cara mengatasi pencemaran udara di kota besar
|
· Program
reboisasi à
menanam banyak pohon untuk meyerap gas polutan
· Mengganti
bahan bakar kendaraan bermotor dengan BBN (Bahan Bakar Nabati)
|
Siswa
dapat menentukan cara mengatasi pencemaran udara di daerah industri
|
· Memproses
semua limbah padat dan cair yang dihasilkan dari proses industri sebelum dibuang ke lingkungan sekitar
· Membuat
alat pembuangan yang baik untuk limbah gas, sehingga tidak mencemari udara
sekitar
|
Membedakan
jenis sampah organik dan anorganik
|
Sampah
organik à
sampah yang mudah diuraikan oleh makhluk hidup
Sampah
anorganik à
sampah yang sulit diuraikan oleh makhluk hidup
|
Siswa
dapat menentukan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi limbah plastik
|
· Reduce
(mengurangi)
· Reuse (menggunakan
kembali)
· Recycle (mendaur
ulang)
|
Siswa
dapat menentukan penyebab kualitas udara diperkotaan tidak baik
|
· Banyaknya
kendaraan bermotor
· Kurangnya
pepohonan untuk menyerap gas polutan
· Banyaknya
asap buangan dari kawasan industri
|
Siswa
dapat menentukan cara sederhana sebagai wujud kepedulian terhdap lingkungan
sekitar
|
LKS
hal. 11
|
Siswa dapat menentukan kegunaan program langit biru
|
Program langit biru diadakan pemerintah dalam rangka untuk
mengatasi pencemaran udara
|
Siswa
dapat menentukan upaya yang dapat dilakukan untuk mensukseskan program langit
biru
|
Logika
|
Siswa
dapat menentukan contoh penerapan teknologi ramah lingkungan dalam bidang
rumah tangga
|
· Menggunakan
kompor listrik/biogas untuk memasak
· Penyimpanan
makanan dingin alami, dll
|
Siswa
dapat menentukan jenis-jenis pengawet alami
|
Menggunakan
bahan pemanis, pengawet, penyedap dan pewarna alami à
zat aditif alami pada makanan
· Pewarna
à
kunyit, caramel
· Penyedap
à
bumbu dapur, garam, dll
· Pemanis
à
gula, madu, dll
· Pengawet
à
garam, gula, dll
|
Siswa
dapat menentukan tujuan merancang rumah atau gedung ramah lingkungan
|
Rumah/
gedung ramah lingkungan dibuat dengan tujuan utama yaitu untuk menghemat
penggunaan energi listrik yang umumnya masih menggunakan sumber energi dari
fosil.
|
Siswa
dapat menentukan contoh penerapan prinsip merancang gedung yang ramah
lingkungan
|
·
Adanya ventilasi yang cukup sehingga
sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik à
membuat udara di sekitar adem dan tidak pengap
·
Sebaiknya menggunakan bahan yang
terbuat dari kayu untuk dinding rumah sehingga membuat udara di sekitar tidak
panas
·
Peletakan lokasi jendela memungkinkan
untuk sinar matahari masuk ke dalam rumah
·
Memanfaatkan sumber energi ramah
lingkungan seperti panel surya untuk menghasilkan listrik yang digunakan
untuk keperluan memanaskan air, menyalakan AC atau keperluan lainnya
|
Siswa
dapat menentukan bahan pembuat kantung plastik biobag
|
Bio bag adalah pastik ramah
lingkungan yang dapat kita jadikan alternatif pengganti plastik. Bio bag
adalah plastik yang terbuat dari jagung yang ditemukan di Norwegia. Penelitian
tentang bio bag sudah dilakukan sejak 10 tahun yang lalu oleh seorang
profesor dari Norwegia.
|
Siswa
dapat menentukan karakteristik dari kantung plastik biobag
|
· Bio bag ramah lingkungan karena
bio bag mudah terurai di alam (10-45
hari).
· Bio bag juga multi fungsi selain
sebagai pengganti kantong plastik juga dapat digunakan untuk menyimpan
nasi. Jika nasi disimpan dalam kantong
ini, meskipun berada di udara terbuka dapat tahan selama 2 hari tanpa basi. Hal
tersebut dikarenakan bio bag memiliki pori-pori yang memungkinkan adanya
sirkulasi udara sehingga tidak menyebabkan jamur-jamur yang dapat membuat
makanan menjadi basi untuk tumbuh.
· Selain itu juga dapat digunakan
sebagai kantong sampah, sampah organik yang disimpan dalam bio bag tidak akan
membusuk namun akan mengering dan akhirnya berubah menjadi kompos setelah 7
hari diletakkan ditanah. Sampah ini tidak akan berbau busuk karena bio bag
memiliki pori-pori yang memungkinkan adanya sirkulasi udara sehingga tidak
meyebabkan adanya bakteri yang dapat menyebabkan bau busuk tersebut.
|
Siswa
dapat menentukan keuntungan menggunakan biotoilet
|
Toilet ramah
lingkungan atau yang lebih dikenal dengan sebutan bio-toilet mulai
dikembangkan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) pada 2007 lalu. Seperti yang dikutip dari wikipedia,
bio toilet adalah kloset kering yang menggunakan sistem pengolahan dengan
bantuan bakteri aerob. Artinya, dalam sistem ini urine maupun feses akan
didekomposisi oleh bakteri tersebut.
Prinsip
teknologi bio toilet sendiri, memakai media serbuk kayu sebagai matriks
penangkap limbah organik, baik padat maupun cair. Bio toilet didesain khusus
untuk tidak menimbulkan pencemaran, karena kotorannya ditampung dalam dry
box yang biasanya terbuat dari baja dengan lapisan stainless steel
yang cukup tebal. Dry box itu kemudian diisi serbuk kayu yang
berfungsi menyerap cairan dan bau yang dihasilkan dari kotoran.
Kelebihan WC ini antara lain,
· Menghemat penggunaan air (tidak
perlu flushing)
· Kotoran mudah terurai dan tidak menimbulkan
bau
· Memiliki bentuk sederhana, hingga
tidak memerlukan saluran pembuangan.
· Memungkinkan limbah yang dihasilkan
setiap hari, tidak lagi dibuang ke sungai maupun sembarang tempat. Melainkan,
akan diubah menjadi kompos yang dapat bermanfaat sebagai pupuk menyubur
tanaman.
· Selain itu, penggunaan WC kering ini
juga dapat menekan kasus diare pada sejumlah daerah padat penduduk.
|
Senin, 09 Juni 2014
KISI-KISI SOAL PLH 8 ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK) 2013/2014
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar