INDIKATOR
SOAL
|
Sumber
|
Siswa
dapat menentukan definisi teknologi ramah lingkungan
|
LKS hal. 2
|
Ciri-ciri
teknologi ramah lingkungan
|
LKS hal. 21
|
Siswa
dapat menentukan keuntungan menggunakan teknologi ramah lingkungan
|
LKS hal.2
|
Siswa
dapat menentukan kegunaan kemajuan teknologi
|
LKS hal.2
|
Siswa
dapat menentukan syarat pengembangan teknologi
|
· layak
secara teknis
· sehat
secara ekologis
· dapat
dipertanggung jawabkan
|
Siswa
mampu menentukan jenis-jenis energi ramah lingkungan
|
Semua
jenis energi alternative (matahari, angin, air, panas bumi, bahan nabati dll)
|
Siswa
dapat menentukan cara-cara yang digunakan untuk proses pembuatan biofuel
|
LKS hal. 3
|
Siswa
dapat menentukan jenis-jenis biofuel dan kegunaannya
|
|
Siswa
dapat menentukan pengertian dari biogas
|
|
Siswa
dapat menentukan bahan baku pembuat biogas
|
|
Siswa
dapat menentukan jenis reaksi/ proses yang terjadi pada pembuatan biogas
|
|
Siswa
dapat menentukan manfaat dari biogas dalam kehidupan sehari-hari
|
LKS hal. 5
|
Siswa
dapat menentukan cara menghemat bahan bakar fosil
|
·
menggunakan bahan bahar dari fosil
dengan bijaksana
·
berupaya mencari sumber energi alternatif
yang dapat diperbaharui
|
Contoh-contoh
energi alternatif
|
matahari,
angin, air, panas bumi, gelombang laut, bahan nabati dll
|
Siswa
dapat menjelaskan keuntungan dari energi alternatif
|
· Menghemat
pemakaian BBM
· Mengurangi
polusi
|
Siswa
dapat menentukan kelebihan dan kekurangan angin dan matahari sebagai sumber
energi
|
Kelemahan
·
Kurang praktis digunakan pada
wilayah perkantoran
·
diperlukan tenaga perawatan khusus
·
biaya yang
cukup mahal untuk pembangunan awal
·
sumber energi
tidak selalu ada setiap saat.
Kelebihan
·
sumber energi mudah didapatkan
·
sumber energi
free (tidak dipungut biaya)
|
Siswa dapat menentukan masalah yang timbul akibat kemajuan
teknologi
|
LKS hal. 12
|
Siswa
dapat menentukan kegunaan Amdal
|
Amdal
à
Analisis Mengenai Dampak Lingkungan
|
Siswa
dapat menentukan produk-produk yang tidak ramah lingkungan
|
Semua
jenis produk yang sulit terurai oleh mikroorganisme (plastik, sterofoam, dll)
|
Siswa
dapat menentukan dampak negatif perkembangan teknologi terhadap lingkungan
|
LKS hal. 12
|
Siswa
dapat menentukan dampak positif perkembangan teknologi terhadap lingkungan
|
LKS hal. 11
|
Siswa
dapat menentukan kegiatan manusia yang menimbulkan pencemaran lingkungan
|
Semua
bentuk kegiatan manusia yang berdarakan ketidakpedulian masyarakat terhadap
lingkungan sekitar. Contoh: membuang sampah di kali.
|
Siswa
dapat menentukan penyakit yang timbul akibat pencemaran udara
|
Batuk,
sesak napas, infeksi pada saluran pernapasan, dll
|
Siswa
dapat menentukan akibat penggunaan CFC dalam produk rumah tangga bagi
lingkungan
|
Menipisnya
lapisan ozon (semakin hari semakin tipis sehingga lapisan ozon bisa bolong)
dan bisa mengakibatkan makhluk hidup di bumi terpapar sinar Ultra Violet (UV)
dengan langsun g
|
Siswa
dapat menentukan akibat dari pemanasan global
|
· Peningkatan
suhu bumi
· Mencairnya
es di kutub
· Iklim
mulai tidak stabil
· Peningkatan
permukaan air laut
· gangguan
ekologis
|
Siswa
dapat menentukan cara-cara mengatasi pencemaran udara
|
· Program
reboisasi à
menanam banyak pohon untuk meyerap gas polutan
· Mengganti
bahan bakar kendaraan bermotor dengan BBN (Bahan Bakar Nabati)
|
Siswa
dapat menentukan pengolahan sampah yang baik
|
· Memisahkan
sampak organic dan non-organik
· Membuang
sampah secara teratur
· Mendaur
ulang sampah non-organik
|
Siswa
dapat menentukan cara sederhana sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan
sekitar
|
LKS hal. 11
|
Upaya
pemerintah yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan
|
Semua
kebijakan pembangunan yang diambil harus berlandaskan wawasan lingkungan
artinya pembangunan yang dilakukan tharus memperhatikan dampak terhadap
lingkungan sehingga tidak menimbulkan kerusakan pada lingkungan.
|
Siswa
dapat menentukan kegunaan prokasih
|
Prokasih
= Program Kali Bersih (upaya untuk mengatasi pencemaran air)
|
Siswa
dapat menentukan kegunaan teknologi informatika diperlukan dalam bidang
komunikasi dan informasi
|
· Bertukar
informasi dengan cepat dan tidak terhalang oleh jarak
· Mendapatkan
data/informasi dengan lebih efektif dan efisien
· Menghemat
kertas
|
Siswa
dapat menentukan penggunaan teknologi ramah lingkungan dalam bidang pertanian
|
· Penggunaan
traktor tangan (manual)
· Penggunaan
alat bajak dari kayu/ logam
|
Siswa
dapat menentukan keuntungan pertanian organik
|
· meminimalisir
penggunaan bahan kimia
· memandang
alam secara menyeluruh
· memperhatikan
ekosistem alam
|
Siswa
dapat menentukan penggunaan teknologi ramah lingkungan dalam bidang kedokteran
|
LKS hal. 12
|
Siswa
dapat menentukan penggunaan teknologi ramah lingkungan dalam bidang
transportasi
|
LKS hal. 5
|
Siswa
dapat menentukan salah satu contoh penerapan teknologi ramah lingkungan dalam
bidang rumah tangga
|
· Menggunakan
kompor listrik/biogas untuk memasak
· Penyimpanan
makanan dingin alami, dll
|
Siswa
dapat menentukan cara pengolahan makanan dengan bahan-bahan alami
|
Menggunakan
baha pemanis, pengawet, penyedap dan pewarna alami à
zat aditif alami pada makanan
Pewarna
à
kunyit, caramel
Penyedap
à
bumbu dapur, garam, dll
Pemanis
à
gula, madu, dll
Pengawet
à
garam, gula, dll
|
Jumat, 14 Maret 2014
KISI-KISI UTS 2 PLH 2013/2014
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar