KISI-KISI
ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
TAHUN PELAJARAN 2012
– 2013
Mata
Pelajaran : Biologi dan Kimia
Kelas/ semester : VII/ Genap
Jumlah soal : 20
soal
Jenjang/Sekolah :
SMP
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR SOAL
|
1
|
Memahami Saling
Ketergantungan dalam Ekosistem
|
Menentukan
ekosistem dan saling hubungan antara
komponen ekosistem
|
Ekosistem
|
Siswa
dapat menentukan konsep individu/populasi/komunitas/ekosistem berdasarkan
ilustrasi yang diberikan.
|
Siswa
dapat menentukan hubungan saling ketergantungan yang benar antara faktor
biotik dan abiotik
|
||||
Siswa
dapat menentukan hubungan sebab akibat dalam suatu ekosistem berdasarkan
rantai makanan yang disediakan
|
||||
Siswa
dapat menentukan jenis hubungan antar makhluk
hidup
|
||||
Mengindentifikasikan
pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem
|
Keanekaragaman
makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem
|
Siswa dapat menentukan upaya yang bisa dilakukan untuk
melindungi hewan/tumbuhan langka
|
||
Siswa
dapat menentukan dampak negatif penebangan hutan secara liar
|
||||
Siswa dapat menentukan contoh perilaku yang berwaasan
lingkungan
|
||||
Memprediksi pengaruh
kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan
|
Kepadatan populasi
dan hubungannya dengan lingkungan
|
Siswa dapat menentukan penyebab terjadinya ledakan
penduduk
|
||
Siswa dapat menentukan upaya untuk mengatasi kepadatan
penduduk
|
||||
Siswa dapat menentukan akibat dari aktivitas manusia
terhadap lingkungan berdasarkan ilustrasi gambar yang diberikan
|
||||
Siswa dapat menentukan akibat kepadatan penduduk terhadap sumber daya alam dan pencemaran lingkungan
|
||||
Mengaplikasikan
peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan
kerusakan lingkungan
|
Pencemaran dan
Kerusakan Lingkungan hubungannya dengan aktifitas manusia
|
Siswa mampu membaca
grafik mengenai hubungan antara kepadatan penduduk terhadap kebutuhan air
bersih
|
||
Siswa dapat
menentukan jenis polutan pencemaran udara
|
||||
Siswa dapat menentukan upaya untuk mengatasi
pencemaran air
|
||||
Siswa dapat menentukan upaya untuk mengatasi
pencemaran udara
|
||||
2
|
Memahami Berbagai Sifat dalam Perubahan Fisika dan Kimia
|
Membandingkan
sifat fisika dan sifat kimia zat
|
Sifat fisika dan
sifat kimia
|
Siswa dapat menentukan
sifat fisika dari suatu zat berdasarkan ciri-ciri yang diberikan
|
Melakukan pemisahan campuran dengan berbagai
cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia
|
Pemisahan campuran
|
Siswa
dapat menentukan teknik pemisahan campuran yang tepat
|
||
Siswa dapat menentukan kegunaan dari teknik pemisahan
campuran tertentu
|
||||
Menyimpulkan perubahan
fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan sederhana
|
Perubahan
fisika dan kimia
|
Siswa
dapat menentukan contoh-contoh perubahan fisika
|
||
Mengindentifikasi
terjadinya reaksi kimia melaui percobaan sederhana
|
Reaksi Kimia
|
Siswa dapat menentukan ciri-ciri perubahan kimia
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar