Rabu, 09 Oktober 2013

KISI-KISI PLH 8 UTS 1 - 2013/2014

INDIKATOR SOAL
SUMBER
·         Menentukan tujuan penataan lingkungan hidup
LKS halaman 2
·         Menentukan aspek-aspek dalam penataan lingkungan hidup
LKS halaman 2 – 4
·         Menentukan definisi salah satu aspek dalam penataan lingkungan hidup berdasarkan ilustrasi yang diberikan
LKS halaman 2 – 4
·         Menentukan upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi aspek-aspek dalam penataan lingkungan hidup
LKS halaman 2 – 4
·         Menentukan tujuan dari kegiatan tertentu dalam memenuhi aspek-aspek dalam penataan lingkungan hidup
LKS halaman 2 – 4
·         Menentukan upaya yang dapat dilakukan untuk menata lingkungan sekolah/tempat tinggal
LKS halaman 4
·         Menentukan kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengembangkan program green school
LKS halaman 6
·         Menentukan ciri-ciri fisik biji yang berkualitas baik
Text book halaman 7
·         Menentukan cara sederhana dalam pemilihan biji yang berkualitas
Perendaman biji di air : tenggelam à baik
Mengapung à kurang baik
·         Menentukan cara menghilangkan kuman penyakit pada biji dalam proses pembibitan
Perendaman di air garam
·         Menentukan kelemahan dari penggunaan bibit unggul
Sulit terjangkau petani biasa karena harganya yang relatif lebih mahal
·         Menentukan fungsi tersedianya air untuk pertumbuhan tanaman
Air digunakan tumbuhan sebagai bahan baku untuk proses fotosintesis. Air didapatkan dari air hujan atau hasil penyiraman tanaman
·         Menentukan ciri-ciri tanah yang baik untuk menanam
1.    Mengandung zat hara yang cukup
2.    Gembur
3.    Tanah harus lembab à artinya mendapatkan air yang cukup
Tanah coklat yang gembur baik digunakan untuk menanam sedangkan merah atau lempung/liat kurang baik digunakan untuk menanam

·         Menentukan hal-hal yang perlu dilakukan dalam proses penanaman
1.    Memberikan ruang sirkulasi udara yang baik pada tanah dengan cara menggemburkan tanah terlebih dahulu
2.    Membuat lubang di dasar pot
3.    Meletakkan kerikil atau bebatuan di dasar pot
4.    Menggunakan tanah yang gembur
·         Menentukan urutan langkah-langkah dalam penanaman
1.    Menyiapkan alat dan bahan
2.    Menggemburkan tanah dan mencampurnya dengan pupuk
3.    Membuat lubang di dasar pot
4.    Meletakkan kerikil atau bebatuan di dasar pot
5.    Memasukkan campuran tanah dan pupuk ke dalam pot
6.    Menanam tanaman
7.    Menyiram tanaman
·         Menentukan teknik perbanyakan tanaman pada tanaman tertentu
Contoh tanaman yang bisa di stek/ dicangkok LKS halaman 12 - 13
·         Menentukan tahapan dalam proses pencangkokan
LKS halaman 13 dan catatan
·         Menentukan keuntungan dari mencangkok
Keuntungan à cepat menghasilkan buah
Kerugian à akarnya tidak kuat
·         Menentukan cara stek yang baik
Memotong dengan kemiringan 45o
·         Menentukan kelebihan dari stek
Mudah dilakukan dan menghasilkan anakan yang sifatnya sama dengan induknya
·         Menentukan contoh tanaman yang bisa diperbanyak dengan stek/cangkok
Contoh tanaman yang bisa di stek/ dicangkok
LKS halaman 12 - 13
·         Menentukan hal-hal yang perlu dilakukan untuk memelihara tanaman di dalam pot
LKS halaman 15-16
·         Menentukan fungsi pestisida
LKS halaman 16
·         Menentukan teknik dalam penggunaan pestisida yang baik

Penyemprotan pestisida harus memperhatikan arah angin à searah dengan arah angin
·         Menentukan akibat penggunaan pestisida yang berlebihan
Penggunaan pestisida yang berlebihan tidak hanya mematikan hama tetapi juga bisa mematikan tanaman.
·         Menentukan macam-macam pupuk
LKS halaman 16
·        Menentukan akibat penggunaan pupuk kimia yang berlebihan
LKS halaman 16
·        Menentukan waktu menyiram yang tepat
LKS halaman 15
·       Menentukan syarat rumah yang sehat
Text book halaman 17 -19
·       Menentukan fasilitas yang terdapat dalam rumah sehat
1.    Memiliki tempat pembuangan sampah
2.    Memiliki tempat penyediaan air bersih
3.    Memiliki tempat pembuangan tinja
4.    Memiliki sarana pembuangan limbah rumah tangga
5.    Memiliki pembatas antara rumah dengan jalan
6.    Memiliki alat penerangan yang memadai
·       Menentukan letak pembuangan kotoran yang sehat bagi lingkungan orang di rumah
LKS halaman 26
·       Menentukan pentingnya pengendalian serangga di dalam rumah
Text book halaman 18
·       Menentukan ciri-ciri sumber air bersih
LKS halaman 26
·       Menentukan cara pengelolaan sampah yang baik di rumah/di sekolah
LKS halaman 27
·       Menentukan cara penanggulangan sampah yang baik
Penanggulangan à upaya mengatasi setelah timbulnya masalah
Pencegahan à upaya untuk mencegah agar tidak timbul masalah
·       Menentukan syarat dalam pengelolaan air limbah
LKS halaman 27
·       Menentukan fungsi ventilasi
Text book halaman 18
·       Menentukan hal-hal yang perlu diperhatikan sekolah untuk memenuhi syarat sanitasi yang baik
LKS halaman 27
·       Menentukan energi alternatif yang digunakan sebagai bahan bakar yang ramah lingkungan
Biogas à kotoran hewan
Biofuel à tumbuhan

Jumat, 04 Oktober 2013

KISI-KISI UTS BIO 8 semester 1


INDIKATOR SOAL
Materi
SUMBER
NO SOAL
·         Siswa dapat menentukan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan
Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan
Buku catatan : Review UTS
1
·         Siswa dapat menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan berdasarkan ilustrasi yang diberikan (faktor internal dan eksternal)
Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan (faktor internal dan eksternal)
Buku catatan : Review UTS
2
·         Siswa dapat menentukan contoh peristiwa pertumbuhan/perkembangan pada manusia
Contoh peristiwa pertumbuhan/perkembangan pada manusia
Buku catatan : Review UTS
3
·         Siswa dapat menentukan fungsi rangka
Fungsi rangka
Text Book Biologi
4
·         Siswa dapat menentukan nama-nama tulang berdasarkan gambar yang disediakan
Nama-nama tulang (Latin/Inggris)
Text Book Biologi
5
·         Siswa dapat menentukan kelompok tulang yang memiliki bentuk yang sama
Jenis tulang keras berdasarkan bentuknya (bentuk tulang)
Text Book Biologi
6
·         Siswa dapat menentukan nama sendi dan arah gerakannya berdasarkan gambar yang disediakan
Nama sendi, gambar sendi dan arah gerakan
Text Book Biologi
7
·         Siswa dapat menentukan jenis otot pada organ tertentu berdasarkan ciri-ciri yang diberikan
Tabel perbedaan otot polos-otot lurik dan otot jantung
Text Book Biologi
8
·         Siswa dapat menentukan kelainan/penyakit yang berhubungan dengan sistem gerak pada manusia
Kelainan/penyakit yang berhubungan dengan sistem gerak pada manusia
Text Book Biologi
9
·         Siswa dapat menentukan urutan saluran pencernaan pada manusia
Urutan saluran pencernaan pada manusia
Buku catatan : Review UTS
10
·         Siswa dapat menentukan zat sekresi dari organ tertentu beserta fungsinya
Kelenjar pencernaan, zat yang dihasilkan dan fungsinya
Buku catatan : Review UTS
11
·         Siswa dapat menentukan nama-nama enzim dan fungsinya
Nama-nama enzim pencernaan dan fungsinya
Buku catatan : Review UTS
12
·         Siswa dapat menentukan proses yang terjadi pada salah satu organ pencernaan pada manusia
Gambar sistem pencernaan manusia dan proses yang terjadi pada setiap organ
Text Book Biologi
Buku catatan : Review UTS
13
·         Siswa dapat menentukan kandungan pada bahan makanan berdasarkan iklustrasi hasil pada test makanan menggunakan lugol, biuret dan benedict.
Uji makanan : jenis zat yang diuji, larutan yang digunakan dan perubahan warna yang terjadi
Buku catatan : Review UTS
14
·         Siswa dapat menentukan kelainan/penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan manusia
Kelainan/penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan manusia
·    Appendicitis   àInflammation of appendix
·    Gastritis
è A disorder caused by excessive production of HCL (chloride acid)
·    Constipation
è A condition in which the feces are dry and hardened and evacuation is difficult and is caused by lacking of water and fiber on food  
·    Diarrhea
è An intestinal disorder characterized by abnormal frequency and fluidity of fecal evacuations

15